BAB I
PENDAHULUAN
Sejarah telah menuliskan, bahwa pada
masa yang silam kemajuan peradaban manusia terjadi pada masa kekuasaan Islam di
hampir semua belahan dunia. Disaat di Eropa sedang berada dalam masa kegelapan
(the darkness), di dunia Islam sendiri sedang berada dalam masa
kejayaan. Baghdad dan Cordova merupakan salah satu bukti betapa tinggi dan
majunya peradaban Islam pada masa itu. Pada masa kekuasaan Khalifah Bani
Umayyah al Muntashir di Andaluisa, selain istana-istana yang megah, jalan-jalan
sudah diperkeras dan diberi penerangan pada malam hari, padahal pada saat itu
di London hampir tidak ada satupun lentera yang menerangi jalan, dan di Paris
di musim hujan lumpur bisa mencapai mata kaki.
Dari sisi ilmu pengetahuan, tidak hanya
dari kalangan muslim sendiri, orang-orang baratpun telah mengakui, bahwa
sebagian besar dasar-dasar ilmu pengetahuan di lahirkan oleh para ilmuwan
muslim. Begitu pula dengan masa kebangkitan Eropa yang tidak lepas dari
pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan di dunia Islam, dimana para
pelajar-pelajar dari Eropa telah dikirim ke Baghdad dan Cordova untuk menggali
ilmu pengetahuan di sana. Di bidang-bidang ilmu keIslaman, perkembangan sastra
dan bahasa Arab secara meluas terjadi pada masa Umayyah. Selain itu lahir pula
ulama-ulama besar.
Oleh karena itu, meneliti kembali
sejarah Bani Umayyah menjadi penting adanya, sebab peradaban masa kini
merupakan bagian dari rantai sejarah yang tidak putus dan dengan meneliti dan
memahami sejarah peradaban Islam pada masa Bani Umayyah II di Andalusia kita
akan dapat memetakan rentetan sejarah peradaban Islam yang merupakan bagian
dari rantai evolusi hingga masa kini.
BAB II
SEJARAH PERADABAN ISLAM PADA MASA BANI
UMAYYAH DI ANDALUSIA
A.
Penaklukan Andalusia
Nama Andalusia sendiri berasal dari
kata Vandalusia yang artinya negeri Vandal, itu karena bagian selatan negeri
ini pernah dikuasai bangsa Vandal. Pada abad V Masehi bangsa Vandal diusir oleh
bangsa Gothia Barat. Andalusia merupakan sebutan bagi semenanjung Iberia pada
periode Islam[1].
Bani Umayyah merebut Andalusia dari
bangsa Gothia pada masa khalifah al Walid ibn ‘Abd al Malik (86-96/705-715).
Penaklukan Andalusia diawali dengan pengiriman 500 orang tentara muslim dibawah
pimpinan Tarif ibn Malik pada tahun 91/710. Pengiriman pasukan Tarif dilakukan
atas undangan salah satu raja Gothia Barat, dimana salah satu putri ratu Julian
yang sedang belajar di Toledo (ibu kota Visigoth) telah diperkosa oleh raja
Roderick. Karena kemarahan dan kekecewaannya, umat Islam diminta untuk membantu
melawan raja Roderick. Pasukan Tarifa mendarat di sebuah tempat yang kemudian
diberi nama Tarifa. Ekspedisi ini berhasil, dan Tarifa kembali ke Afrika Utara
dengan membawa banyak Ghanimah. Musa ibn Nushair, Gubernur Jenderal al Maghrib
di Afrika Utara pada masa itu, kemudian mengirimkan 7000 orang tentara di bawah
pimpinan Thariq ibn Ziyad. Ekspedisi II ini mendarat di bukit karang Giblartar (Jabal
al Thariq) pada tahun 92/711. Sehubungan Tentara Gothia yang akan dihadapi
berjumlah 100.000 orang, maka Musa Ibn Nushair menambah pasukan Thariq menjadi
12.000 orang[2].
Pertempuran pecah di dekat muara sungai
Salado (Lagund Janda) pada bulan Ramadhan 92/19 Juli 711. Pertempuran
ini mengawali kemenangan Thariq dalam pertempuran-pertempuran berikutnya,
sampai akhirnya ibu kota Gothia Barat yang bernama Toledo dapat direbut pada
bulan September tahun itu juga. Bulan Juni 712 Musa ibn Nushair berangkat ke
Andalusia membawa 18.000 orang tentara dan menyerang kota-kota yang belum
ditaklukan oleh Thariq sampai pada bulan Juni tahun berikutnya. Di kota kecil
Talavera Thariq menyerahkan kepemimpinan kepada Musa, dan pada saat itu pula
Musa mengumumkan bahwa Andalusia menjadi bagian dari wilayah kekuasaan Bani
Umayyah yang berpusat di Damaskus. Penaklukan Islam di Andaluisa oleh Thariq
hampir meliputi seluruh wilayah bagiannya, keberhasilannya tidak terlepas dari
bantuan Musa ibn Al Nushair[3].
Hanya kawasan Galicia yang terjal dan tandus dibagian barat laut semenanjung
itu yang tidak dikuasai Umayyah.
Ketika Daulah Bani Umayyah Damaskus
runtuh pada tahun 132/750, Andalusia menjadi salah satu provinsi dari Daulah
Bani Abbas. Salah satu pangeran Dinasti Umayyah yang bernama Abd al Rahman ibn
Mu’awwuyah, cucu khalifah Umawiyah kesepuluh Hisyam Ibn Abd al Malik berhasil
meloloskan diri dari Bani Abbas dan menginjakan kaki di Andalusia. Atas
keberhasilannya meloloskan diri ia diberi gelar al Dâkhil.
Pada tahun 138/756 al Dâkhil berhasil
menyingkirkan Yusuf ibn Abd al rahman al Fihri yang menyatakan diri tunduk
kepada dinasti Bani Abbas, dan sejak saat itu ia memporklamirkan bahwa
Andalusia lepas dari kekuasaan Dinasti Bani Abbas. Al Dâkhil memproklamirkan
diri sebagai khalifah dengan gelar amîr al mu’minîn. Sejak saat itulah
babak kedua kekuasan Dinasti Ummayah dimulai.
B.
Ihwal Pemerintahan
Al Dâkhil berhasil meletakan sendi
dasar yang kokoh bagi tegaknya Daulah bani Umayyah II di Andalusia. Pusat
kekuasan Umayyah di Andalusia dipusatkan di Cordova sebagai ibu kotanya. Al
Dâkhil berkuasa selama 32 tahun, dan selama masa kekuasaannya ia berhasil
mengatasi berbagai masalah dan ancaman, baik pemberontakan dari dalam maupun
serangan musuh dari luar. Ketangguhan al Dâkhil sangat disegani dan ditakuti,
karennya ia dijuliki sebagai Rajawali Quraisy.
Gelar yang digunakan pada masanya
adalah Amîr, dan ini tetap dipertahankan oleh penerusnya sampai awal
pemerintahan amir kedelapan Abd al Rahman III (300-350/912-961). Proklamasi
Khilafah Fathimiyyah di Ifriqiyah (297/909, serta merosotnya kekuatan
Daulah Abasiyyah sepeninggal al Mutawakkil (232-247/847-861) mendorong Abd al
rahman untuk memproklamasikan diri sebagai khalifah dan bergelar amîr al
mu’minîn[4].
Ia juga menambahkan gelar al Nashir dibelakang namanya mengikuti tradisi dua
khalifah lainnya.
Bani Umayyah II mencapai puncak
kejayaannya pada masa al Nashir dan kekuasaannya masih tetap dapat
dipertahankan hingga masa kepemimpinan Hakam II al Muntashir (350-366/961-976).
Kekuasaan Umayyah mulai menurun setelah
al Muntashiru wafat. Ia digantikan oleh putera mahkota Hisyam II yang beru
berusia 10 tahun. Hisyam II dinobatkan menjadi khalifah dengan gelar al
Mu’ayyad. Muhammad ibn Abi Abi Amir al Qahthani yang merupakan hakim Agung
pada masa al Muntashir berhasil mengambil alih seluruh kekuasaan dan
menempatkan khalifah dibawah pengaruhnya. ia memaklumkan dirinya sebagai al
Malik al Manshur Billah (366-393/976-1003) dan ia terkenal dalam sejarah dengan
sebutan Hajib al Manshur.
Dalam rangka menjalankan pengaruh dan
kekuasaanya, al Manshur melakukan beberapa strategi diantaranya :
- Menyingkirkan pangeran-pengeran dari Bani Umayyah serta pemuka-pemuka suku yang berpengaruh[5].
- Membentuk polisi rahasia yang terdiri dari orang-orang Barbar
- Menggantikan tentara khalifah yang asalnya terdiri dari orang Slavia dengan orang-orang Barbar dan orang Nashrani dari Leon, Castilla dan Navarre.
Kekuasaan Hakim Agung al Manshur
diteruskan oleh Abd al Malik ibn Muhammad yang bergelar al Malik al Mudhaffar
(393-399/1003-1009). Pada masa selanjutnya al Mudhaffar digantikan oleh Abd al
rahman ibn Muhammad yang bergelar al Malik al Nashir li Dinillah (399/1009) dan
sejak saat itu kestabilan politik Umayyah mulai merosot dengan terjadinya
berbegai kemelut di dalam negeri yang akhirnya meruntuhkan dinasti Umayyah.
Keruntuhan Bani Umyyah diawali dengan
pemecatan al Mu’ayyad sebagai khalifah oleh sejumlah pemuka-pemuka Bani
Umayyah. Kemudia para pemuka tersebut bersedia mengangkat al Nashir sebagai
khalifah. Akan tetapi pada kenyataanya dengan turunnya al Mu’ayyad perebutan
kursi khilafah menjadi tidak bias dihindari. Dalam tempo 22 tahun terjadi 14
kali pergantian khalifah, yang umumnya melalui kudeta,d an lima orang khalifah
diantaranya naik tahta dua kali. Daulah Umawiyah akhirnya runtuh ketika Khalifah
Hisyam III ibn Muhammad III yang bergelar al Mu’tadhi (418-422/1027-1031)
disingkirkan oleh sekelompok angkatan bersenajta. Para pemuka penduduk Cordova
segera meminta Umayyah Ibn Abd al Rahman agar bersedia menduduki jabatan
khalifah. Akan tetapi, ia tidak sempat menikmati jabatan tertinggi negara itu,
karena terpaksa harus bersembunyi untuk menyelamatkan diri dari bahaya yang
mengancam dirinya. Dalam pada itu, Wazir Abu al Hazm ibn Jahwar memaklumkan
penghapusan khilafah untuk selamanya, karena dianggap tidak ada lagi orang yang
layak atas jabatan itu. Diatas puing-puing kehancuran Daulah Umawiyah Andaluisa
memasuki babak baru yang dikenal dengan periode Muluk al Thawaif.
C.
Hubungan dengan Luar Negeri
Untuk memperkuat kekuasaannya Bani
Umayyah melakukan hubungan dengan negara-negara lain. Bentuk hubungan itu ada
yang bersifat aktif dilakukan oleh Umayyah dan adapula yang dilakukan oleh
negara lain kepada Umayyah dan Umayyah menerimnya. Hubungan tersebut juga tidak
terbatas kepada hubungan politik, akan tetapi pada bidang-bidang lainnya.
Hubungan-hubungan itu diantaranya sebagai berikut :
- Menjalin persahabatan dengan Bizantium untuk menhadapi ancaman Baghdad[6].
- Pada tahun 334/945 raja Oto dari Jerman mengirmkan dutanya ke Cordova.
- Italia berhendak menjalin hubungan dengan Cordova karena telah menderita kerugian akibat serbuan Fathimiyyah ke Genua.
- Ketika Bizantium ingin melepaskan Sicilia dari kekuasaan al Khalifah al Qaim ibn Amrillah al fathim (322-334/934-935), mereka menjalin hubungan dengan Umayyah.
- Pada tahun 336-337/947-948) Kaisar Bizantium Constantine Porphryogenitus (911-959) mengirimkan dutanya ke Cordova untuk mengikat perjanjian damai dengan al Nashir, guna menghadapi Abasiyyah dan Fathimiyyah
- Bantuan Bizantium dalam pembuatan Mihrab Masjid Agung Cordova dan Pembangunan al Zahra.
- Pengiriman Nicholas oleh Bizantium dalam rangka menerjemahkan buku kedokteran yang dihadiahkan kepada al Nashir dari bahasa Yunani ke dalam bahasa Latin yang selanjutnya diterjemahkan oleh Ibn Syibruth kedalam bahasa Arab.
- dll.
D.
Komposisi Penduduk
Penduduk Andalusia terdiri dari
berbagai bangsa, diantaranya bangsa Arab, Barbar, Spanyol, Yahudi dan Slavia.
Bangsa Arab dan Barbar datang ke Andaluisa sejak masa penaklukan. Orang-orang
Arab ini terdiri dari dua kelompok besar, yaitu keturunan Arab Utara atau suku
Mudlari dan keturnan Arab Selatan atau suku Yamani. Kebanyakan orang Mudlari
tinggal di Toledo, Saragossa, Sevilla dan Valencia, sedangkan orang –orang
Yamani banyak tinggal di Granada, Sevilla, Murcia, dan Badajoz.
Orang-orang Barbar ditempatkan didaerah
perbuktian yang kering dan tandus dibagian utara Andalusia yang berhadapan
dengan basis-basis kekuatan Nashrani.
Dari sisi agama yang dipeluk, penduduk
Spanyol terdiri dari :
- Kelompok Islam pendatang (bangsa Arab)
- Keturunan Spanyol yang telah memeluk Islam
- Keturunan bangsa Spanyol yang tetap pada keyakinannya tapi meniru adat kebiasaan bangsa Arab, baik dalam bertingkah laku, maupun dalam bertutur kata. Mereka dikenal dengan sebuta Musta’ribah.
- Keturunan bangsa Spanyol yang tetap berpegang teguh pada agamanya semula dan warisan budaya nenek moyangnya.
Khalifah memberikan kebebasan dalam
beragama. Oleh karena itu tidak heran bila tidak sedkit pemeluk agama Nashrani
yang menjadi pejabat sipil meupun militer dan ada pula yang bertugas menjadi
pemungut pajak[7].
E.
Perkembangan Bahasa dan Sastra Arab
Bahasa Arab masuk ke Andalusia
bersamaan dengan masuknya Islam. Dengan berkuasanya pemerintahan Islam dan
bangsa Arab di Andalusia, maka bahasa Arab dipelajari oleh berbagai kelompok
penduduk dan lapisan sosial, sehingga menggeser peran bahasa lokal dan menembus
batas-batas keagamaan. Kemenangan bahasa Arab atas bahasa Penduduk asli yang
ditaklukan, didahului oleh kemenangan bangsa Arab dalam bidang kemiliteran,
politik dan keagamaan. Sebelum menjadi bahasa pergaulan sehari-hari, bahasa
Arab lebih dahulu mencapai kemenangan sebagai bahasa ilmu pengetahuan.
Pada permulaan abad IX M bahasa Arab
sudah menjadi bahasa resmi di Andalusia. Pada waktu itu seorang pendeta dari
Sevilla menerjemahkan Taurat kedalam bahasa Arab, karena hanya bahasa Arab yang
dapat dimengerti oleh murid-muridnya untuk memahami kitab suci agama mereka.
Hal seperti itu terjadi pula di Cordova dan Toledo. Menurut al Siba’i pada saat
itu tidak jarang dari penduduk setempat yang beragama Nashrani lebih fasih
berbahasa Arab daripada (sebagian) bangsa Arab sendiri [8].
Perkembangan Bahasa dan Sastra Arab
tidak terlepas daripada peran para ulama dan sastrawan, diantaranya adalah :
- Ali al Qali. Ia adalah seorang tokoh besar pada zamannya. Ia dibesarkan dan menimba ilmu Hadits, bahasa, sastra, Nahwu dan sharaf dari ulama-ulama terkenal di Baghdad. Pada tahun tahun 330/941 al Nashir mengundang beliau untuk menetap di Cordova dan sejak saat itu Ali mengembangkan ilmu Islam sampai wafatnya (358/696). Dari sekian banyak karya tulisnya yang bernilai tinggi, diantaranya adalah al Amalî dan al Nawâdir.
- Ibn al Quthiyah Abu Bakar Muhammad Ibn Umar. Ia adalah seorang ahli bahasa Arab, Nahwu, penyair dan sastrawan. Ia menulis buku dengan judul al Af’âl dan Fa’alta wa Af’alât. Ia meninggal pada tahun 367/977.
- Al Zabidi. Ia adalah guru dari Ibn Quthiyah. Al Zabidy sudah mengembangkan bahasa dan sastra di Andalusia sebelum adanya Ali al Qali. Bukunya yang terkenal adalah Mukhtashar al ‘Ain dan Akhbar al Nahwiyyîn.âîû
- Said Ibn Jabir, ia juga merupakan salah satu guru dari Ibn Quthiyah.
- dll,
Bidang kesustraan bahasa Arab dikenal
dengan adab (kesusastraan Arab dalam arti sempit[9]).
Ia dapat berbentuk puisi atau prosa. Diantara jenis prosa adalah khithabah,
tarassul maupun karya fiksi lainnya. Menurut Ameer Ali, bahwa orang-orang Arab
Andalusia adalah penyair-penyair alam[10].
Mereka menemukan bermacam jenis puisi, yang kemudian diconoth oleh orang-orang
Kristen di Eropa Selatan. Sebagaimana halnya di Timur, jenis syair yang
berkembang di Andalusia adalah madah, ratsa, ghazal, khimar, washf ,hisamah,
hija, zuhd dan hikmah. Sebelum Islam masuk ke Andalusia, orang
Spanyol suka berseloka. Kedatangan Islam telah memperluas seloka-seloka Spanyol
yang tidak beraturan itu, sehingga lahir muwasysyah yang kemudian
menjadi zajal[11].
Berikut ini Bibliografi beberapa
sastrawan Andalusia :
- Abu Amr Ahmad ibn Muhammad ibn Abd Rabbih. Lahir di Cordova 246/860. ia menekuni ilmu kedokteran dan musik, tetapi kecenderungannya lebih banyak kepada sastra dan sejarah. ia berhasil menggubah syari-syair pujian (madah) bagi empat khilafah Umawiyah, sehingga ia mendapat kedudukan terhormat di istana. Pada masa al Nashir ia menggubah 440 bait syair dengan menggunakan bahan acuan sejarah. Pada masa tuanya, Abu Amr menyesali kehidupan masa mudanya, kemudian ia berzuhud. Oleh karenanya ia menggubah syair-syair zuhdiyyat yang ia himpun dalam al Mumhishât. Sebagian besar karya syairnya sudah hilang, sedangkan yang berupa prosa ia tuangkan dalam karyanya yang diberi nama al ‘Aqd al Fârid. Ia pada tahun 328/940 dalam keadaan lumpuh.
- Abu Amir Abdullah ibn Syuhaid. Lahir di Cordova pada tahun 382/992. Ia dikenal dekat dengan penguasa. Dengan keterlibatannya dengan kemelut politik, ia sering membuat syair-syair dalma rangka membesarkan atau menggulingkan seorang penguasa. Pada masa kekuasaan Hamudiyah penyair ini dipenjarakan dan menerima penghinaan serta penganiayaan yang berat. Ia dibebaskan dalam keadaan lumpuh sampai wafat pada tahun 427/1035. Karyanya dalam bentuk prosa adalah Risâlah al Tawâbi’ wa al Zawâbigh, Kasyf al Dakk wa Atsar al Syakk dan Hanut ‘Athar.
- Ibn Hazm. Lahir pada tahun 384/994) merupakan penyair sufi yang banyak menggubah puisi-puisi cinta.
F.
Pembangunan Kota
Kekuasaan Bani Umayyah di Andalusia
mencapai mencapai puncak kejayaannya pada masa al Muntashir, pengganti Abd al
rahman al Dakhil. Berikut ini sebagai bukti dari kemajuan Andalusia dalam
bidang pembangunan kota :
- Al Qashr al Kabîr ; kota satelit yang dibangun oleh al Dâkhil dan dilanjutkan oleh penggantinya. Didalamnya terdapat gedung-gedung istana yang megah.
- Rushâfat (istana yang dikelilingi oleh taman yang dibangun oleh al Dakhil disebelah barat laut Cordova).
- Masjid jami Cordova (dibangun tahun 170 /786)
- al Zahra ; kota satelit di bukit pegunungan Sierra Morena. Nama al Zahra di ambil dari salah seorang selir al Nashir pada tahun 325/936. kota ini dilengkapi dengan masjid tanpa atap kecuali mihrabnya dan air mengalir di tengah masjid, danau kecil yang berisi ikan-ikan yang indah, taman hewan, pabrik senjata, dan pabrik perhiasan. Istana-istana al Zahra di bagian atas itu, yang terbesar diantaranya diberi nama Dâr al Raudlah[12].
Perkembangan paling pesat terjadi pada
masa al Muntashir dan al Mu’ayyad. Pusat kota yang dikelilingi oleh dinding
tembok dengan tujuh pintu gerbangnya, pada waktu itu sudah berada di tengah,
karena berkembangnya daerah pinggiran di sekitarnya. Daerah pinggiran itu
berjumlah 21 distrik yang masing-masing memiliki banyak masjid, beberapa pasar
dan pemandian umum. Adapun luas Cordova pada saat itu sekitar 144 mil persegi ;
panjang 24 mil dan lebar 6 mil.
Jumlah penduduk Cordova kira-kira
500.000 orang, sedangkan rumahnya berjumlah 13.000 buah, tidak termasuk
istana-istana megah, daerah pinggiran, 300 buah pemandian umum dan 3000 buah
masjid. Tidak ada satu kota pun yang menandingi Cordova pada waktu itu selain
Baghdad. Seluruh jalan di Cordova pada waktu itu sudah diperkeras dengan batu
dan diterangi lampu pada waktu malam. Hal ini berbeda dengan London yang 700
tahun kemudian hampir belum ada sebuah lentera pun yang menerangi jalan disana,
juga Paris selama berabad-abad kemudian, tebalnya lumpur di musim hujan bisa
setinggi mata kaki bahkan sampai keambang pintu.
G.
Perkembangan Seni Musik
Seni musik Andalusia berkembang dengan
datangnya Hasan ibn Nafi’ yang lebih dikenal dengan panggilan Ziryab. Ia adalah
seorang maula dari Irak, murid Ishaq al Maushuli seorang musisi dan biduan
kenamaan di istana Harun al Rasyid. Ziryab tiba di Cordova pada tahun pertama
pemerintahan Abd al Rahman II al Autsath. Keahliannya dalam seni musik dan
tarik suara berpengaruh hingga masa sekarang. Hasan ibn Nafi’ dianggap sebagai
peketak pertama dasar dari musik Spanyol modern. Ialah yang memperkenalkan
notasi do-re-mi-fa-so-la-si. Notasi tersebut berasal dari huruf Arab.
H.
Perkembangan Filsafat dan Ilmu Eksakta
Meskipun secara politik Andalusia
memisahkan diri dan tidak tunduk terhadap kekuasaan Bani Abasiyyah di Bagdad,
akan tetapi hal itu tidak berpengaruh terdapat transmisi keilmuan dan peradaan
diantara keduanya. Banyak muslim Andaluisa yang menuntut ilmu di negeri Baghdad
dan tidak sedikit pula Ulama Baghdad yang mengembangkan ilmu dan peradaban di
Andalusia.
Pada abad IV H/X M, para pelajar
Andalusia banyak yang pergi ke Bagdad utuk belajar Filsafat. Diantara mereka
adalah Abu al Qasim al Maslamah Ibn Ahmad al Majriti (w.397 H/1007 M). Ia
mempelajri manuskrip-,anuskrip Arab dan Yunani, kemudian mengembangkan imu
matematika, astronomi, kedokteran dan kimia, dan ia merupakan ulama pertama
yang pertama memperkenalkan ajaran Rasâîl Ikhwân al Shafâ di Eropa.
Bidang Filsafat
Muhammad ibn Abdillah ibn Misarrah al
Bathini (269-319) dari Cordova dikenal sebagai orang pertama yang menekuni
filsafat di Andalusia. Filsafat berkembang pesat pada masa al Nashir dan
mencapai puncaknya pada masa al Muntashir. Sewaktu para filosof dikutuk pada
masa Daulah Amiriyah, ilmu ini mengalami kemunduran drastis, tetapi kemudian
muncul kembali dan mengalami kemajuan pesat pada masa Muluk al Thawaif.
Dengan berkembangnya filsafat maka
berkembang pula ilmu-ilmu eksakta. Ilmu pasti yang dikembangkan orang Arab
berpangkal dari buku India, yaitu Sinbad, yang diterjemahkan ke dalam bahasa
Arab oleh Ibrahim al Fazari pada tahun 154 H/ 771 M. Dengan perantara
penerjemahan buku ini, kemudian Nasawi (pakar matematika) memperkenalkan
angka-angka India (0,1,2 sampai 9), sehingga angka-angka ini dikenal dengan
Arabic Number.
Berikut ini nama-nama ilmuwan beserta
bidang keahlian yang berkembang di Andalusia masa dinasti Bani Umayyah :
NO.
|
NAMA
|
BIDANG KEAHLIAN
|
KETERANGAN
|
1.
|
Abu Ubaidah Muslim Ibn Ubaidah al Balansi
|
- Astrolog
- Ahli Hitung
-
Ahli gerakan
bintang- bintang
|
Dikenal sebagai Shahih al Qiblat karena banyak
sekali mengerjakan penetuan arah shalat.
|
2.
|
Abu al Qasim Abbas ibn Farnas
|
- Astronomi
- Kimia
|
Ilmi kimia,
baik kimia murni maupun terapan adalah dasar bagi ilmu farmasi yang erat
kaitannya dengan ilmu kedokteran. Farmasi dan ilmu kedokteran telah mendorong
para ahli untuk menggali dan mengembangkan ilmu kimia dan ilmu
tumbuh-tumbuhan
untuk
pengobatan.
|
3.
|
Ahmad ibn Iyas al Qurthubi
|
Kedokteran
|
Hidup pada masa Khalifah Muhammad I ibn abd al rahman
II Ausath
|
4.
|
Al Harrani
|
||
5.
|
Yahya ibn Ishaq
|
Hidup pada masa khalifah Badullah ibn Mundzir
|
|
6.
|
Abu Daud Sulaiman ibn Hassan
|
Hidup pada masa awal khalifah al Mu’ayyad
|
|
7.
|
Abu al Qasim al Zahrawi
|
- Dokter Bedah
- Perintis ilmu penyakit telinga
- Pelopor ilmu penyakit kulit
|
Di Barat dikenal dengan Abulcasis. Karyanya berjudul al
Tashrif li man ‘Ajaza ‘an al Ta’lif, dimana pada abad XII telah diterjemahkan
oleh Gerard of Cremona dan dicetak ulang di Genoa (1497M), Basle (1541 M) dan
di Oxford (1778 M) buku tersebut menjadi rujukan di universitas-universitas
di Eropa.
|
8.
|
Abu Marwan Abd al Malik ibn Habib
|
- Ahli sejarah
- Penyair dan ahli nahwu sharaf
|
- wafat 238/852
- salah satu bukunya berjudul al
Tarikh
|
9.
|
Yahya ibn Hakam
|
- Sejarah
- Penyair
|
|
10.
|
Muhammad ibn Musa al razi
|
- Sejarah
|
- wafat 273/886
- Menetap di Andalusia pada tahun
250/863
|
11.
|
Abu Bakar Muhammad ibn Umar
|
- Sejarah
|
-
Dikenal
dengan Ibn Quthiyah
-
Wafat 367/977
- Bukunya berjudul Tarikh Iftitah al
Andalus
|
Uraib ibn Saad
|
- Sejarah
|
- Wafat 369/979
- Meringkas Tarikh al- thabari,
menambahkan kepadanya tentang al Maghrib dan Andalusia, disamping memberi
catatan indek terhadap buku tersebut.
|
|
13.
|
Hayyan Ibn Khallaf ibn Hayyan
|
- Sejarah & sastra
|
- Wafat 469/1076
- Karyanya : al Muqtabis fi Tarikh
Rija al Andalus dan al Matin.
|
14.
|
Abu al Walid Abdullah ibn Muhammad ibn al faradli.
|
- Sejarah
- Penulis biografi
|
- Lahir di Cordova tahun 351/962 dan
wafat 403/1013.
- Salah satu karyanya berjudul Tarikh
Ulama’i al
|
Perkembangan ilmu pengetahuan yang
pesat pada masa Umayyah tidak terlepas dari kecintaan dan hasrat yang tinggi
terhadap ilmu pengetahuan, tidak hanya dikalangan penduduk akan tetapi juga
terlebih di kalangan penguasa. Pada masa al Muntashir terdapat tidak kurang
dari 800 buah sekolah, 70 perpustakaan pribadi disampin perpustakaan umum[13].
Perkembangan Ilmu Fikih dan Ilmu-ilmu
Islam Lainnya
Madzhab fikih yang berkembang di
Kordova adalah Maliki. Madzhab ini diperkenalkan oleh Ziyad ibn Abd al Rahman
ibn Ziyad al Lahmi pada zaman Hisyam I ibn Abd al rahman al Dakhil. Beliau
adalah murid langusng imam Malik ibn Anas di Madinah. Jejaknya kemudian diikuti
oleh Yahya ibn Yahya al Laitsi, disamping sebagai murid Ziyad Ibn Abd al Rahman
, ia juga berguru langsung kepada imam Malik. Yahya ibn Yahya al Laitsi dikenal
sebagai mufti dinasti Umayyah.
Ulama besar yang hidup pada masa
Umayyah Andalusia adalah Abu Muhammad Ali Ibn Hazm (w.455/1063). Nama penggilan
beliau adalah Abu Muhammad[14].
Ibnu Hazm hidup dalam kekuasaan Islam di Andalus, yaitu pada akhir kekuasaan
Dinasti Umayyah dan zaman Muluk al Thawa’if. Ibnu Hazm hidup pada zaman Dinasti
Umayyah selama 37 tahun, dan pada zaman Muluk al Thawa’f selama 32 tahun[15]
(Atang : 1997/61). Pada mulanya, ia adalah pengikut imam Syafi’i, setelah
merasa tidak puas dengan fikih Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali, ia pindah
ke madzhab al Zhahiri. Ibn Hazm tertarik terhadap madzhab al Zhahiri karena aliran
ini hanya terikat kepada al Qur’an dan Sunnah[16].
Atas jasa Ibn Hazm madzhab Zhahiri dapat berkembang di Andalusia[17].
Ia juga pemuka gerakan Asy’ariyyah[18]..
Buku karya berjumlah sekitar 400 buku yang terdiri dari teologi, fikih, hadits
dan puisi. Bukunya yang terkenal adalah al Muhallâ (fikih), al Ihkâm
fî al Ushûl al Ahkâm (ushul fikh), al Fashl fî al Milal wa Ahwâ
fî al Nihal (ilmu kalam).
Ilmu agama yang berkembang pesat ialah
ilmu Qira’at, yaitu ilmu yang membahas cara membaca lafazh-lafazh al Qurân yang
baik dan benar. Abu Amr al Dani Utsman ibn Said (w. 444/1052) adalah ulama ahli
Qira’at kenamaan Andalusia yang mewakili generasinya. Ia telah menulis 120
buku, diantaranya al Muqni’u wa al Taisîr.
BAB III
KESIMPULAN
Penaklukan Andalusia diawali dengan
pengiriman 500 orang tentara muslim dibawah pimpinan Tarif ibn Malik pada tahun
91/710. Ekspedisi ini berhasil, dan pada ekspedisi II pada tahun 92/711 Musa
Ibn Nushair menambah pasukan Thariq menjadi 12.000 orang. Kemenangan Thariq
dalam pertempuran-pertempuran diraihnya, sampai akhirnya ibu kota Gothia Barat
yang bernama Toledo dapat direbut pada bulan September tahun itu juga.
Penaklukan Islam di Andaluisa oleh Thariq hampir meliputi seluruh wilayah
bagiannya, hanya kawasan Galicia yang terjal dan tandus dibagian barat laut
semenanjung itu yang tidak dikuasai Umayyah.
Ketika Daulah Bani Umayyah Damaskus
runtuh pada tahun 132/750, Andalusia menjadi salah satu provinsi dari Daulah
Bani Abbas. Kemudian pada tahun 138/756 al Dâkhil berhasil menyingkirkan Yusuf
ibn Abd al rahman al Fihri yang menyatakan diri tunduk kepada dinasti Bani
Abbas, dan sejak saat itu ia memporklamirkan bahwa Andalusia lepas dari
kekuasaan Dinasti Bani Abbas. Al Dâkhil memproklamirkan diri sebagai khalifah
dengan gelar amîr al mu’minîn. Sejak saat itulah babak kedua kekuasan
Dinasti Ummayah dimulai.
Bani Umayyah II mencapai puncak
kejayaannya pada masa al Nashir dan kekuasaannya masih tetap dapat
dipertahankan hingga masa kepemimpinan Hakam II al Muntashir (350-366/961-976).
Kekuasaan Umayyah mulai menurun setelah
al Muntashiru wafat. Ia digantikan oleh putera mahkota Hisyam II yang beru
berusia 10 tahun. Keruntuhan Bani Umyyah diawali dengan pemecatan al Mu’ayyad
sebagai khalifah oleh sejumlah pemuka-pemuka Bani Umayyah.
Untuk memperkuat kekuasaannya Bani
Umayyah melakukan hubungan dengan negara-negara lain. Bentuk hubungan itu ada
yang bersifat aktif dilakukan oleh Umayyah dan adapula yang dilakukan oleh
negara lain kepada Umayyah dan Umayyah menerimanya. Hubungan tersebut juga tidak
terbatas kepada hubungan politik, akan tetapi pada bidang-bidang lainnya.
Penduduk Andalusia terdiri dari
berbagai bangsa, diantaranya bangsa Arab, Barbar, Spanyol, Yahudi dan Slavia.
Bangsa Arab dan Barbar datang ke Andaluisa sejak masa penaklukan. Orang-orang
Arab ini terdiri dari dua kelompok besar, yaitu keturunan Arab Utara atau suku
Mudlari dan keturnan Arab Selatan atau suku Yamani. Kebanyakan orang Mudlari
tinggal di Toledo, Saragossa, Sevilla dan Valencia, sedangkan orang –orang
Yamani banyak tinggal di Granada, Sevilla, Murcia, dan Badajoz.
Perkembangan bahasa Arab pada masa Umayyah yang pesat
menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa ilmu pengetahuan, bahkan bahasa Arab
mampu menggeser bahasa lokal. Selain itu bidang kesusastraan berkembang dalam
bentuk prosa dan puisi yang ditandai dengan lahirnya berbagai sejarawan
terkenal.
Kekuasaan Bani Umayyah di Andalusia
mencapai mencapai puncak kejayaannya pada masa al Muntashir, pengganti Abd al
rahman al Dakhil. Sebagai bukti dari kemajuan Andalusia dalam bidang
pembangunan kota telah terbangun Al Qashr al Kabî,r Rushâfat ,
Masjid jami Cordova, al Zahra, dll
Filsafat berkembang pesat pada masa al
Nashir dan mencapai puncaknya pada masa al Muntashir. Dengan berkembangnya
filsafat maka berkembang pula ilmu-ilmu eksakta.
Perkembangan ilmu pengetahuan yang
pesat pada masa Umayyah tidak terlepas dari kecintaan dan hasrat yang tinggi
terhadap ilmu pengetahuan, tidak hanya dikalangan penduduk akan tetapi juga
terlebih di kalangan penguasa. Pada masa al Muntashir terdapat tidak kurang
dari 800 buah sekolah, 70 perpustakaan pribadi disampin perpustakaan umum.
Madzhab fikih yang berkembang di
Kordova adalah Maliki. Ulama besar yang hidup pada masa Umayyah Andalusia
adalah Abu Muhammad Ali Ibn Hazm (w.455/1063). Ilmu agama yang berkembang pesat
ialah ilmu Qira’at, yaitu ilmu yang membahas cara membaca lafazh-lafazh al
Qurân yang baik dan benar. Abu Amr al Dani Utsman ibn Said (w. 444/1052) adalah
ulama ahli Qira’at kenamaan Andalusia yang mewakili generasinya. Ia telah
menulis 120 buku, diantaranya al Muqni’u wa al Taisîr.
DAFTAR PUSTAKA
A Hasymi, Sejarah Kebidayaan
Islam, Jakarta : Bulan Bintang, 1979.
Ahmad Salabi, Mausu’ah al Tarikh
wa al Hadlarah al Islamiyah, Jilid IV, Kairo : al Maktabah al Misriyah,
1982.
Atang Abdul Hakim, Sumber Hukum
Islam Menurut Ibn Hazm dalam Prespektif Sejarah Hukum Islam, Bandung :
Pusat Penelitian IAIN Sunan Gunung Djati, 1997.
Jaih Mubarok, Sejarah Peradaban
Islam, Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2004.
__________, Sejarah dan
Perkembangan Hukum Islam, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2000.
MM Sharif, Alam Fikiran Islam, terj.
Fuad Muhammad Fahruddin Bandung : CV. Dipenogoro, 1979.
Muhammad Abu Zahrah, Muhadlarat
fi Tarikh al Madzahib al Fiqhiyyah, Jam’iyyah al Dirasat al Islamiyyah,
t.th.
Mustafa as Siba’i, Kebnagkitan
Kebudayaan Islam, terj. Nabhan Husein, Jakarta : Media Dakwah, 1987.
Oemar Amin Hoesen, Kultur Islam, Jakarta
: Bulan Bintang, 1975.
Siti Maryam dkk (ed.), Sejarah
Peradaban Islam Dari Masa Klasik Hingga Modern, Yogyakarta : LESFI, 2004.
Syed Amir Ali, Api Islam,
Jilid II, terj. HB. Jassin, Jakarta : PT Pembangunan, 1967.
[1] Siti Maryam dkk (ed.), Sejarah Peradaban Islam Dari Masa
Klasik Hingga Modern, (Yogyakarta : LESFI, 2004), h. 79.
[4] Ahmad Salabi, Mausu’ah al Tarikh wa al Hadlarah al Islamiyah,
Jilid IV (Kairo : al Maktabah al Misriyah, 1982), h. 59-60.
[8] Mustafa as Siba’i, Kebnagkitan Kebudayaan Islam, terj.
Nabhan Husein (Jakarta : Media Dakwah, 1987), h.
[14] Muhammad Abu Zahrah, Muhadlarat fi Tarikh al Madzahib al
Fiqhiyyah, (Jam’iyyah al Dirasat al Islamiyyah, t.th), h. 383.
[15] Atang Abdul Hakim, Sumber Hukum Islam MEnurut Ibn Hazm
dalam Prespektif Sejarah Hukum Islam, (Bandung : Pusat Penelitian IAIN
Sunan GUnung Djati, 1997), hal 61.
[16] Jaih Mubarok, Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam, (Bandung
: PT Remaja Rosdakarya, 2000), h. 149.
[18] MM Sharif, Alam Fikiran Islam, terj. Fuad Muhammad
Fahruddin (Bandung : CV. Dipenogoro, 1979), h. 105.
0 komentar:
Posting Komentar