Rancangan proses Pembelajaran (RPP) FIQIH kelas VII/1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Nama Madrasah              : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
         2.      Melaksanakan tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi            
B.       Kompetensi Dasar
         2.1    Menjelaskan tata cara shalat lima waktu
C.       Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat
§  Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat shalat
§  Siswa dapat menjelaskan sunnah shalat
§  Siswa dapat menjelaskan hal hal yang membatalkan shalat

Ü  Karakter siswa yang diharapkan :
§  Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
          
Ü  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :    
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

D.       Materi Pembelajaran
§  Shalat fardhu
E.       Metode Pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat fardhu
§  Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§  Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Nilai yang ditanamkan
Waktu

1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat fardhu
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat fardhu

10  menit

2
Kegiatan Inti :
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat fardhu.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat fardhu (fase eksplorasi)
§  Membuat bagan wudhu’’ dan tentang shalat fardhu (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§  Salah seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat fardhu sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang shalat fardhu dan tentang tatacaranya (fase konfirmasi)
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
60 Menit

3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi shalat fardhu dan tentang tatacaranya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian shalat fardhu dan tentang tatacaranya untuk pertemuan selanjutnya.
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
10 menit








A.       Sumber belajar dan media pembelajaran
§  Buku Paket
§  Gambar peragaan shalat
§  VCD Shalat yang benar
§  Lembar observasi
§  Lembar penilaian
§  LKS
B.       Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab

§  Siswa dapat  melafalkan bacaan shalat dengan benar
§  Siswa dapat  menghafal bacaan shalat
Tes unjuk kerja

Tes tulis
Uraian


§  Sebutkan lafal bacaan shalat dengan benar!




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP/NIK.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Fiqih




..........................................
NIP/NIK.

0 komentar: