RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R
P P )
Nama Madrasah :
...............................................
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
2. Melaksanakan
tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan
tata cara shalat lima waktu
C.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa
dapat menjelaskan pengertian shalat
§ Siswa
dapat menjelaskan syarat-syarat shalat
§ Siswa
dapat menjelaskan sunnah shalat
§ Siswa
dapat menjelaskan hal hal yang membatalkan shalat
Ü Karakter siswa
yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
Ü Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
D.
Materi
Pembelajaran
§ Shalat fardhu
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode
ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok:
kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang shalat fardhu
§ Diskusi:
Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi
kegiatan pembelajaran
§ Pameran
dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari
pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Nilai yang
ditanamkan
|
Waktu
|
|||
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§ Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi shalat fardhu
Motivasi :
§ Memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar shalat fardhu
|
10 menit
|
||||
2
|
Kegiatan Inti
:
§
Siswa membaca literatur/referensi tentang shalat fardhu. (fase
eksplorasi)
§
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang shalat fardhu (fase
eksplorasi)
§
Membuat bagan wudhu’’ dan
tentang shalat fardhu
(fase elaborasi)
§
Pameran
bagan dan saling mengomentari (fase
elaborasi)
§
Salah
seorang siswa mendemonstrasikan tatacara shalat fardhu sementara yang lain
memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan
pengamatan (fase elaborasi)
§ Penguatan
tentang shalat fardhu dan tentang
tatacaranya (fase konfirmasi)
|
Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
60 Menit
|
|||
3
|
Kegiatan akhir :
§
Tanya jawab tentang materi shalat fardhu dan
tentang tatacaranya.
§ Guru memberikan
tugas untuk mencari pengertian shalat fardhu dan tentang tatacaranya
untuk pertemuan selanjutnya.
|
Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
10 menit
|
|||
A.
Sumber
belajar dan media pembelajaran
§ Buku Paket
§ Gambar peragaan shalat
§ VCD Shalat yang benar
§ Lembar observasi
§ Lembar penilaian
§ LKS
B.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Religius, Jujur,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
§
Siswa dapat
melafalkan bacaan shalat
dengan benar
§ Siswa
dapat menghafal bacaan shalat
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uraian
|
§
Sebutkan lafal bacaan shalat dengan benar!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP/NIK.
|
..............
, ...............................
Guru Bidang
Studi Fiqih
..........................................
NIP/NIK.
|
0 komentar:
Posting Komentar